Bawang Merah Bali Karet atau Batu Ijo

Bawang Merah Bali Karet atau Batu Ijo

0%

Pendanaan Dibuka

31 Oktober 2019

Proyek Dimulai

30 Nopember 2019

Proyek Selesai

29 Februari 2020

Bawang merah (Allium cepa L. var. aggregatum) adalah salah satu bumbu masak utama dunia yang berasal dari Iran, Pakistan dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, tetapi kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia, baik sub-tropis maupun tropis. Wujudnya berupa umbi yang dapat dimakan mentah, untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna dan daunnya dapat pula digunakan untuk campuran sayur. 

Bawang Merah Jenis Bali Karet (Batu Ijo) merupakan salah satu dari 25 jenis varietas bawang merah unggulan yang diresmikan oleh Menteri Pertanian. Sehingga bawang merah jenis ini sudah dilakukan observasi untuk dikaji, dievaluasi, dikarakterisasi dan diadaptasikan di beberapa sentra produksi. Hal ini untuk melihat keragaan deskriptif, kualitas, dan daya hasil serta toleransi terhadap serangan OPT dari masing-masing calon varietas dibandingkan dengan varietas yang berkembang saat itu. Pengkajian ini dilakukan bertahap selama 2–5 tahun pada musim kemarau dan musim hujan di lokasi yang berbeda yaitu di daerah Jawa Timur. Uji adaptasi merupakan salah satu persyaratan yang harus dilakukan sebelum pelepasan suatu varietas.

Bawang Merah Bali Karet atau Batu Ijo

Desa Wonodoyo

Setiap budidaya pertanian hortikultura pasti memiliki resiko, mulai dari iklim dan serangan hama dan resiko lainnya. Untuk meminimalisir resiko tersebut Tani Link membuat sytem manajemen kebun bersama yang akan selalu dipantau oleh perwakilan tim internal control system (ICS) dari mitra atau kelompok tani dan jika terjadi kendala akan dikonsultasikan dengan Tim Tani Link dan segera dilakukan tindakan untuk pencegahan. Untuk musim tanam bawang merah kali ini resikonya yaitu jamur fusarium karena budidaya akan dilakukan pada musim hujan. Tetapi Varietas bibit yang kami gunakan adalah varietas kuat terhadap serangan jamur fusarium, tetapi kami akan selalu melakukan pemantauan dari budidaya bawang merah yang akan kami lakukan.

Proyek Lainnya

Lihat Semua Proyek